Minggu, 27 November 2011

Knowledge Management

Definisi knowledge yang diadopsi dalam jurnal ini adalah informasi yang dikombinasikan dengan pengalaman, kontekstual, interpretasi, dan refleksi sehingga menghasilkan informasi yang siap untuk dipakai dalam penerapan keputusan dan tindakan " [Albert dan Bradley, 1997]. Business knowledge umumnya terdiri dari dua jenis, codified knowledge dan tacit knowledge. Codofied knowledge adalah knowledge yang dapat ditulis, ditransferkan, dan dibagi secara terdefinisi dan dapat dilindungi oleh sistem hokum. Tacit knowledge adalah jenis knowledge yang sulit didefinisikan, dapat ditunjukkan namun sulit dikodifikasikan sehingga proses transfernya hanya bisa dilakukan melalui demonstrasi langsung dan on-the-job training. Dalam konteks ini, knowledge management didefinisikan sebagai strategi serta proses dalam mengidentifikasi, menangkap, dan meningkatkan knowledge untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan keunggulan kompetitifnya" [APQC, 1997]. Diyakini bahwa dalam lingkungan pengetahuan berkembang, baik individu dan organisasi akan memiliki satu sumber keunggulan kompetitif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar